Kapolda Lampung Melakukan Kunjungan Kerja ke Polres Pesawaran

Kapolda Lampung Melakukan Kunjungan Kerja ke Polres Pesawaran


POLIS, Pesawaran -
 Kunjungan Kerja Bapak Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Hendro Sugiatno, M.M di Polres Pesawaran disambut langsung oleh Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.Ik., M.H dipintu gerbang pintu masuk Mako Polres Pesawaran dengan penyambutan Jarmat (Jajaran Penghormatan) bersama PJU Polres Pesawaran ikut menyambut kedatangan Bapak Kapolda Lampung, Selasa (30/03) Pukul 12.30 WIB.

Selanjutnya dihalaman teras disambut juga oleh para Forkopimda Kabupaten Pesawaran yakni Bupati Pesawaran yang diwakili Sekda Kabupaten Pesawaran Ir. Kusuma Dewangsa, M.M.), Ketua DPRD Pesawaran diwakili oleh Anggota DPRD Bapak Heriyanto, Dandim 0421 Lamsel diwakili oleh Kapten. Inf. Sukandi, Kajari Pesawaran Ibu Tinawati BR. Saragih., S.H., M.H. Kepala Pengadilan Negeri Gedong Tataan/Pesawaran Ibu Zoya Haspita., S.H., M.H., Kepala Pengadilan Agama Pesawaran Ibu Erlis Marliani, S.Ag., M.H, Pejabat Utama Polres Pesawaran, Pokdar Kabupaten Pesawaran Bapak Rifky Asofani, S.H. M.H, Para Da'i Kamtibmas Kabupaten Pesawaran, Kapolsek jajaran serta seluruh Perwira dan Bintara Polres Pesawaran.

Kemudian dilanjutkan ramah tamah oleh Bapak Kapolda di Aula Sanika Satyawada Polres Pesawaran bersama Forkopimda Kabupaten Pesawaran, lalu usai ramah tamah Bapak Kapolda memberikan arahan kepada Pejabat Utama (PJU) Polres Pesawaran di Aula Pamor Polres Pesawaran.

Dalam acara sambutan yang pertama Kapolres Pesawaran menyampaikan laporan situasi wilayah hukum Polres Pesawaran, Polres Pesawaran baru 4 tahun jalan beroperasional, terdiri dari 11 Kecamatan dan 144 Desa, baru terhubung 4 Polsek dan 1 Subsektor, semoga untuk tahun ini Subsektor Way Lima segera di acc oleh Mabes Polri.

Kabupaten Pesawaran secara geografis berbatasan dengan Bandar Lampung, Pringsewu dan Lampung Selatan. untuk penduduk dominan memeluk agama Islam 80% dan bersuku Lampung untuk wilayah yang tersebar di 11 Kecamatan, diwilayah hukum Polres Pesawaran terdapat Kodim dan Koramil, untuk di pesisir laut ada Brigif Marinir dan Lanal Lampung, untuk Batalyon ada di Natar dari Lampung Selatan, kami berupaya mengoptimalkan untuk bisa melakukan suatu upaya-upaya asessmen internal sesuai dengan jabatan yang ada.

Untuk jumlah Personil Polres Pesawaran ada 417 Personil dan Personil sudah melakukan Vaksinasi Covid 19 serta dilakukan pengamanan dan pengawalan gudang Vaksin untuk keamanan. Untuk Inovasi dan Agenda Polres Pesawaran kami membentuk Tim Gurita Pahawang untuk melakukan preventif mencegah C3, kerawan arus lalu lintas disebabkan karna jalan raya yang Volume jalan belum ada penambahan, untuk Patroli Sambang selalu dilaksanakan untuk deteksi Bhabinkamtibmas sebagai upaya adanya pendekatan dengan masyarakat.

Untuk Anggaran Covid 19 tersebut kami telah melakukan upaya penyemprotan disiinfektan disetiap ruangan kerja dan menyiapkan tempat mencuci tangan, selanjutnya kami laporkan dari 144 Desa sudah terbentuk semua Kampung tangguh sesuai dengan Instruksi Mendagri membentuk Satgas Covid 19.

Untuk Pilkades akan dilaksanakan di 31 Desa dan akan dilaksanakan padah tahun 2021 ini termasuk pengamanan Festival Pahawang yang cukup semarak dilaksanakan setiap tahunnya, kemudian untuk fasilitas pelayanan penyandang disabilitas, sudah disiapkan untuk mendorong pelayanan publik seperti membuat kartu sidik jari maupun Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penyiapan dalam hal pelayanan Publik sudah dipersiapkan dengan matang.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bapak Kapolda Lampung, dalam kunjungannya ia didampingi oleh Dir Intelkam Polda Lampung Kombes Drs. Susilo Rahayu Irianto, serta Dir Krimum Polda Lampung Kombes Muslimin Ahmad, S.IK, SH, M.H., dalam arahannya Bapak Kapolda Lampung menyampaikan rasa puji dan syukurnya atas kehadirat Allah Swt, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya kita semua masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bertatap muka ditengah pandemi Covid-19.

Terima kasih kepada Polres Pesawaran dan jajarannya yang telah bekerja secara baik dan optimal sehingga Kamtibmas senantiasa aman terkendali. Membangun kerjasama dan sinergi yang lebih kuat dan harmonis sehingga dapat merespon serta memecahkan permasalahan yang ada. Bukti nyata kerjasama dan soliditas adalah penanganan covid-19 yang terus bergerak kearah kuning, konfirmasi kasus Covid-19 diwilayah Pesawaran periode April 2020 s.d Maret 2021 tercatat sebanyak 586 orang terkonfirmasi positif, sembuh 536 orang dan 30 orang meninggal dunia. Pandemi Covid-19 adalah bencana non alam yang dialami seluruh dunia, perlu upaya penanganan yang luar biasa untuk menekan penyebaran covid-19. Data vaksinasi Kabupaten Pesawaran, jumlah dosis vaksin sebanyak 10.740 buah, yang sudah divaksin sebanyak 654 buah.

Menjelang perayaan hari wafat Isa Almasih pada tanggal 2 April 2021 agar menjalankan SOP pengamanan di mako dan Gereja-gereja karena situasi tidak dapat diprediksi, tingkatkan Patroli baik yang berseragam maupun non seragam dengan menggunakan body system. Kejadian yang terjadi di makasar agar disampaikan kepada masyarakat terkait bom bunuh diri tidak ada kaitannya dengan agama dan lakukan koordinasi dengan stakeholder, ormas-ormas serta aktifkan kembali 3 pilar di desa (Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa) agar SOP pelaksanaan pengamanan mako selalu diingatkan dan body system bagi personil yang melaksanakan pengamanan, selalu memeriksa dan antisipasi under estimate terhadap bahaya yang akan mengancam keselamatan. Semoga Allah Swt-tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kepada kita sekalian dalam melanjutkan karya dan pengabdian terbaik kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Pada kesempatan kunjungan kerja, Bapak Kapolda memberikan penghargaan kepada Kasat Reskrim Polres Pesawaran AKP Eko Rendi Oktama dalam ketegasan dalam menindak pelaku kejahatan diwilyah hukum Polres Pesawaran yang mana harapannya sesuai harapan masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif serta cepat menindak lanjuti setiap kejahatan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas menjadi tidak aman dalam hal tersebut juga dapat memicu kejadian-kejadian lain apabila tidak segera ditindak lanjuti.

Selain memberikan pemberian penghargaan kepada Kasat Reskrim, Bapak Kapolda Lampung juga memberikan penghargaan kepada DA’I Kamtibmas Polres Pesawaran KH. Endang Zainal Khaidir dalam membantu menjaga situasi Kamtibmas dalam hal tokoh agama yang ikut memberikan sumbangsih kepada Polri yakni di Polres Pesawaran, dan saya berharap di Pesawaran agar tidak ada empat (4) hal yang harus diminimalisir yakni tentang gangguan Kamtibmas yaitu jangan ada Narkoba, jangan ada Judi, jangan ada Premanisme serta jangan ada Begal.

Setelah usai memberikan arahan di Polres Pesawaran Kapolda Lampung melanjutkan kegiatannya ke Pemda Kabupaten Pesawaran untuk melaksanakan kegiatan ramah tamah dalam mendukung program Kapolda Lampung untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Pesawaran serta dapat berkoordinasi secara sinergi untuk tetap mendukung dalam melanjutkan program pemerintah daerah yang dipimpin oleh Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona S.T., M.Tr.I.P.

Dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh Bapak Kapolda Lampung ke Polres Pesawaran dan Pemda Kabupaten Pesawaran, tetap memperketat Protokol Kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. | yes

Posting Komentar

0 Komentar