Andika Perkasa Panglima TNI, Letjen Dudung Kantongi Kans Terkuat Jadi KSAD

Andika Perkasa Panglima TNI, Letjen Dudung Kantongi Kans Terkuat Jadi KSAD


JAKARTA - Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Dudung Abdurachman disebut-sebut akan mengisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sepeninggal Jenderal Andika Perkasa yang kabarnya ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki purnatugas akhir November 2021.

Untuk diketahui, Panglima TNI sebelumnya menunjuk Dudung sebagai Pangkostrad menggantikan Letjen Eko Margiyono yang diangkat menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Dudung juga sempat memimpin Akademi Militer pada periode 2018 hingga 2020.

Lantas seberapa besar mantan Pangdam Jaya tersebut memimpin matra darat?

Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon beberapa waktu lalu menyebut Dudung Abdurachman akan diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang naik menjadi Panglima TNI.

"Insha Allah. Semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI," kata Effendi beberapa waktu lalu.

Selain itu, nama Dudung juga lebih menonjol dibandingkan para jenderal bintang tiga TNI AD lainnya. Ada beberapa nama yang juga disebut menggantikan Andika Perkasa. Diantaranya, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Irjenad Letjen TNI Benny Susianto, Koordinator Staf Ahli Kasad Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi dan lain sebagainya.

Diketahui, Pimpinan DPR RI akan menerima Surat Presiden (Surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pencalonan Panglima TNI siang ini, sekitar pukul 11.30 WIB di Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar. "Iya benar siang ini akan diserahkan surpresnya," kata Indra kepada MNC Portal Rabu (3/11/2021). | red


Sumber: okezone