Berbekal Kwitansi Persalinan, Anak Temukan Ibu Kandung Setelah 23 Tahun Terpisah

Berbekal Kwitansi Persalinan, Anak Temukan Ibu Kandung Setelah 23 Tahun Terpisah


Hanya berbekal kwitansi biaya persalinan yang ditemukan di lemari ibu angkatnya, seorang ibu muda di Jember yang belum pernah bertemu ibu kandungnya sejak masih bayi akhirnya bertemu di Jember berkat kerja keras relawan IWJ. 

Kerja keras relawan tersebut berbuah manis bagi anak dan ibu kandung yang selama 23 tahun tidak bertemu karena sang anak di saat masih bayi diberikan kepada orang lantaran masalah ekonomi sang ibu kandungnya.

Dengan senang hati, Riatus Soleha, warga Sidoarjo ini bertemu ibu kandungnya di Jember. Ria panggilan akrabnya, sejak masih usia 20 hari diberikan kepada orang lain oleh ibu kandungnya lantaran belum siap lantaran masalah ekonomi.

Sang ibu kandung hanya menitipkan kwitansi persalinan Ria di sebuah puskesmas di Jember yang saat itu biaya persalinan hanya Rp75.000 kepada orang yang mengadopsi Ria.

Waktu pun berjalan. Hingga Ria berusia 23 tahun dan telah menikah serta memiliki dua anak perempuan. Saat tidak sengaja mencari sesuatu di lemari ibu angkatnya, Ria menemukan kwitansi lusuh yang isinya tentang biaya persalinan atas nama Yeti.

Karena penasaran, Ria kemudian bertanya kepada ibu angkatnya itu. Lantaran terus didesak, hingga akhirnya sang ibu angkat menceritakan yang sebenarnya kepada Ria, jika dirinya adalah bukan anak kandungnya.

Yeti adalah ibu kandung asli Ria seperti yang tertera pada kwitansi persalinan itu. Terakhir ibu angkat Ria mengetahui Yeti tinggal di kawasan Kelurahan Mangli Jember.

Lantaran tekad bulat ingin bertemu ibu kandungnya. Apalagi, suami Ria juga mendukungnya. Ria bersama suaminya mencoba mencari lewat media sosial di info warga Jember dengan hanya berbekal kwitansi lusuh itu.

Tak diduga, ternyata ibu kandung Ria ditemukan oleh relawan IWJ di Jalan Mawar Jember. Akhirnya pertemuan anak dan ibu kandung itu pun terlaksana meski saat bertemu mereka masih merasa sungkan dan malu.

Namun, hati Ria sudah senang dan berbahagia bertemu orang yang melahirkannya itu.

Bagi Maria Ulfa, ibu angkat Ria yang tinggal di Jalan Kepodang Jember mengaku tidak mengapa anak angkatnya bertemu dengan ibu kandungnya, namun mereka tetap memberi kasih sayang penuh.

Sementara Yeti, ibu kandung Ria juga merasa senang karena anaknya tidak kecewa dengan apa yang dilakukannya selama ini. Yeti saat ini ikut seorang pengusaha katering di Jalan Mawar Jember. Jika memang ria berkenan, ia akan ikut bersamanya.

Ketua IWJ, Habib Salim mengungkapkan pertemuan ini sangat mengharukan. Meski, antara anak dan ibu kandung saat dipertemukan tidak berekspresi berlebih, namun keduanya senang dan bergembira telah bertemu.

Bertemu anak dan ibu kandung itu berkat kerja keras relawan yang tidak kenal waktu untuk bisa mempertemukan anak dan ibu kandungnya itu. [Red]


Sumber: OkeZone