Kolonel Inf. Romas Herlandes Buka Acara Latihan Penyegaran Nilai-Nilai Patriotisme Kepada Generasi Pemuda

Kolonel Inf. Romas Herlandes Buka Acara Latihan Penyegaran Nilai-Nilai Patriotisme Kepada Generasi Pemuda


Lampung — Komandan Kodim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes SE.,M.Si.,MM membuka acara kegiatan latihan penyegaran nilai - nilai Patriotisme kepada generasi pemuda sekaligus memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 di kantor LVRI - PPM Provinsi Lampung, Jalan Sriwijaya Enggal Kota Bandar Lampung, pada Sabtu (27/11)

Pada kesempatan itu, Kolonel Inf romas Herlandes mengatakan nilai - nilai patriotisme bagi generasi muda harus mencontoh pejuang pendahulu kita, karena kemerdekaan ini merupakan hasil - hasil proses perjuangan dari seluruh yang dilakukan oleh para pejuang pendahulu kita yang rela mengorbankan jiwa dan raga sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini. Latihan ini dalam rangka untuk memupuk dan meningkatkan jiwa patriotisme sehingga jangan sampai hilang dan pudar dalam jiwa para generasi muda penerus bangsa ini.

“Salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme para generasi muda adalah dengan melakukan napak tilas sejarah. Mengunjungi  tempat-tempat bersejarah yang menjadi simbol perjuangan bangsa adalah salah satu cara yang bisa dilakukan,” Ucapnya.

“Oleh karenanga, Perlu digalakan kembali lagu-lagu perjuangan bagi pelajar sehingga hasil karya para pahlawan tetap dikenang. Ini penting agar para pelajar tidak melupakan sejarah," sambungnya 
        
Lebih lanjut, Dandim mengatakan bahwa Lagu kebangsaan karya para pahlawan memiliki semangat patriotisme dan dibuat dengan pengorbanan jiwa melawan penjajah, sehingga sepantasnya generasi muda  meneruskan perjuangan mereka. Berjuang bukan harus berperang, tetapi bagaimana mendukung proses pembangunan di segala bidang.  

“Tugas para pemuda adalah mengisi kemerdekaan dengan rasa cinta tanah air. Hal ini dapat diwujudkan dari hal kecil, seperti rasa peduli terhadap lingkungan, tidak menilai orang berdasarkan agama atau sukunya, mencintai produk dalam negeri, dan sebagainya,”Tegasnya.

“Semoga dengan sikap patriotisme dalam kehidupan sehari-hari tersebut, masyarakat Indonesia semakin memahami dan menyadari pentingnya persatuan bangsa. Dengan begitu, semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ tidak hanya sekedar kata-kata belaka, namun juga diaplikasikan dalam kehidupan nyata,” Tutupnya.

Turt hadir dalam kegiatan ini antara lain Dir Binmas Polda Lampung AKBP Ade Yaman, Ketua LVRI Mayor TNI ( Purn ) Subardi, Kepala BNN Lampung diwakilI Bpk Amir Hamzah, Kakesbangpol Propinsi Lampung diwakili Kabid Ketahanan Ekonomi Sosbud, Agama dan Ormas R.Hariyadi dan Danlanud Pangkalan M Bun Yamin diwakili Letda Heriyanto. | red