Soal Mobil Dinas TNI Jemput 'Anak Jenderal', Panglima TNI: Kalau Ada Laporan Kita Tindaklanjuti

Soal Mobil Dinas TNI Jemput 'Anak Jenderal', Panglima TNI: Kalau Ada Laporan Kita Tindaklanjuti



Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan akan menindaklanjuti terkait mobil dinas TNI Angkatan Darat yang menjemput perempuan mengaku anak Jenderal, Anggiat Pasaribu.

Hal tersebut terekam video saat Anggiat Pasaribu terlibat cekcok dengan Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan dan ibunya di Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu.

Namun demikian, Andika mengatakan pihaknya terlebih dahulu ingin mendapatkan laporan terkait hal tersebut.

"Yang penting kami ingin mendapatkan dulu laporannya, karena saya tidak ingin melakukan penyidikan tanpa adanya laporan. Jadi diawali dengan itu dulu, kalau ada laporan baru kita tindaklanjuti," kata Andika di rumah dinas Ketua DPD RI di kawasan Kuningan Jakarta pada Rabu (24/11/2021).

Kabar terkini, Anggiat yang sempat mengaku anak dari Jenderal TNI bintang 3 resmi mencabut laporannya terhadap Arteria dan ibunya di Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Diketahui, Anggiat sempat mendatangi Polresta Bandara Soekarno-Hatta untuk memberikan klarifikasi soal cekcok dengan Arteria Dahlan yang terjadi pada Minggu (20/11/2021) kemarin.

"Betul, Anggiat mencabut laporannya. Jadi peristiwa ini agar dijadikan pelajaran masyarakat supaya tidak perlu dibawa ke ranah hukum," ujar kuasa hukum Anggiat Pasaribu, Clanse Pakpahan, di Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/11/2021.

Karena itu, kliennya berinisiatif untuk mencabut laporan itu di kepolisian.

"Tidak ada yang krusial sebenarnya, hanya biasa senggolan, masalah perilaku dan adab. Sehingga ada salah paham di antrean bandara kemarin," jelasnya.

Disinggung soal Arteria Dahlan yang tidak mencabut laporannya, Clanse Pakpahan enggan berspekulasi.

Menurutnya hal itu tidak perlu disinggung karena kliennya menginginkan masalah ini diselesaikan secara damai.

"Saya kira itu gak usah dipertanyakanlah, karena tidak elok perkara sepele ditarik-tarik seolah-olah besar. Hal-hal yang lebih kita harus diperhatikan adalah kedua pihak harus berdamai," tutup Clanse.

Anggiat Pasaribu sebelumnya dijadwalkan akan diperiksa di Polres Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (25/11/2021) besok. Namun, pemeriksaan tersebut resmi dibatalkan karena Anggiat telah mencabut laporan tersebut.

Di sisi lain, Arteria juga mengaku siap berdamai dengan 'anak jenderal' yang memaki dirinya dan ibundanya di bandara -Hatta beberapa hari lalu.

Namun, Arteria ingin melihat iktikad baik perempuan tersebut terlebih dahulu.

Iktikad baik itu adalah mencabut laporan dan meminta maaf secara terbuka di depan publik.

"Saya katakan pintu maaf selalu terbuka, tapi jangan sampai seperti yang saya katakan tadi 'kamu maafkan saya kalau enggak ibu mu saya perkarakan'. Itu kan dia harus cabut dulu laporannya, minta maaf, dan mengaku salah," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Menurut Arteria, jangan sampai laporan masih berjalan, namun ada pihak yang mendorong berdamai.

Dirinya menegaskan akan berdamai jika laporan tersebut dicabut.

"Itu kan dia harus cabut dulu laporannya, minta maaf, dan mengaku salah. Jangan LP masih on disuruh damai, jadinya enggak pas. Dan dia juga tidak merasa bersalah kan sampai saat ini," ujarnya.

Bukan istri jenderal

Anggiat Pasaribu alias Rindu pun ternyata bukan istri seorang jenderal.

Politikus PPP Hasan Husaeri Lubis mengatakan hubungan Anggiat Pasaribu dengan Brigjen Zamroni, mantan Dandim Jakarta Pusat yang kini bertugas di BIN adalah abang sepupu.

"Brigjen Muhammad Zamroni itu abang sepupunya, bukan suaminya Mbak Rindu. Abang sepupunya. Sementara suaminya itu Lettu Bayu, ada juga suaminya di sana waktu itu," kata Hasan, Rabu (23/11/2021).

Hasan meluruskan pernyataan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi yang sebelumnya menyebutkan bahwa wanita yang cekcok dengan ibunda Arteria Dahlan adalah istri Brigjen Zamroni.

Hasan mengatakan dirinya sudah bertemu Anggiat untuk memediasi kasusnya dengan Arteria Dahlan.

Menurut Hasan, Anggiat menceritakan bagaimana ia ribut dengan ibunda Arteria Dahlan.

Hasan juga mengaku sempat bertanya-tanya mengapa Anggiat Pasaribu sampai membentak orang tua.

"Saya pun nggak tahulah, Bang, kenapa mulut saya begitu. Saya nggak pernah lakukan itu," ujar Hasan menirukan Anggiat Pasaribu.

Saling Lapor

Diketahui perseteruan tersebut berbuntut saling lapor di Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Video peristiwa yang viral itu melibatkan seorang wanita yang  mengaku anak jenderal TNI.

Diketahui wanita itu turut membuat laporan ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Pada video yang juga diunggah rekan Arteria di Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni di Instagram, ibu Arteria Dahlan dimarahi dan dimaki seorang wanita muda.

Wanita itu sempat menyebut bahwa ia mengaku sebagai anak jenderal TNI.

Kasubag Humas Polresta Bandara Soekarno Hatta, Iptu Prayogo mengatakan, laporan kedua pihak telah diterima dan masih dalam penyelidikan.

"Semua pelaporan diterima ya. Jadi mereka saling lapor ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta," ungkap Kasubag Humas Polres Bandara Soekarno-Hatta, Iptu Prayogo, saat dihubungi, Senin (22/11/2021).

Prayogo menambahkan pihaknya saat ini mengupayakan perdamaian antara keduanya.

Kasus adu mulut tersebut pun kini sedang diusahakan agar menempuh jalur mediasi agar perdamaian keduanya terwujud.

"Untuk sementara masih dimediasi. Kami berharap bisa damai melalui jalur mediasi," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 2 menit memperlihatkan ibunda Arteria Dahlan terlibat adu mulut dengan seorang wanita yang belum jelas identitasnya.

Ibu dari Arteria Dahlan dimaki oleh seorang wanita yang mengaku anak dari Jenderal TNI bintang 3.

Dalam video itu, terlihat seorang wanita berbaju krem meneriaki Arteria Dahlan dan ibunya karena menghalangi jalan di sebuah antrean.

“Gimana enggak dihalangin lo di depan gue, sama barang-barang lo segitu banyaknya,” kata wanita tersebut.

Kemudian wanita berucap sambil memaki menggunakan kata kasar.

Dia menyebut 'Gila' ke arah ibu yang berada di samping Arteria Dahlan.

Mengetahui wanita itu menyebut anak Jenderal, Arteria lantas bertanya siapa ayah Jenderal TNI bintang 3 yang dimaksud sambil memaki ibunya.

Dia mengaku siap memperpanjang keributan tersebut dengan memperkarakan di jalur hukum.

"Kalau mau diperpanjang kita perpanjang enggak apa-apa, jenderal bintang 3 yang mana enggak apa, kita kan cuma rakyat biasa," ujar Arteria.

"Enggak masalah, kenapa rupanya?" jawab wanita itu.


"Bintang 3 siapa? Bintang 3 kamu siapa?" tanya Arteria lagi dengan nada tinggi.

"Bapak gue ya, tunggu aja," timpal wanita tersebut.

Kasus ini tengah diproses Polresta Bandara Soekarno-Hatta dan tengah diupayakan mediasi antara kedua pihak agar perdamaian bisa terwujud. [Red]

Sumber: TribunNews