49 Migran Ilegal Tewas dalam Kecelakaan Truk

49 Migran Ilegal Tewas dalam Kecelakaan Truk


Sebanyak 49 migran tewas dalam kecelakaan truk di wilayah selatan negara bagian Chiapas, Meksiko, Kamis (9/12) waktu setempat.

Mengutip AFP, truk yang digunakan para migran untuk bersembunyi di dalamnya menabrak tembok pembatas jalan hingga terguling.

Akibat kecelakaan itu, sebanyak 49 migran meninggal dunia dan 40 lainnya mengalami luka-luka. Berdasarkan laporan awal Jaksa Penuntut Umum di Chiapas, negara bagian yang berbatasan dengan Guatemala, para migran ilegal tersebut mencoba mencapai Amerika Serikat mengumpang truk.

Chiapas memang menjadi titik transit para migran menuju ke Amerika. Dugaan sementara dari otoritas Chiapas bahwa pengemudi kehilangan kendali ketika truk yang dikemudikan dalam kecepatan tinggi di jalan tol penghubung Chiapa de Corzo dan Tuxtka Gutierez.

Sejauh ini masih belum bisa teridentifikasi kewarganegaraan para imigran ilegal yang mengalami kecelakaan tersebut.

Gubernur Negara Bagian Chiapa, Rutilio Escandon, turut mengungkapkan duka cita dan solidaritas terhadap para korban kecelakaan.

"Saya telah memberikan instruksi agar para korban luka-luka segera mendapatkan perhatian dan bantuan," ujar Escandon.

"Penegakan hukum akan segera menentukan dan mengadili siapa yang bertanggung jawab (atas kecelakaan tersebut)," ia menambahkan. [Red]


Sumber: CNN Indonesia