Banding Ditolak, Terdakwa Pembunuhan Sekeluarga Ajukan Kasasi ke MA

Banding Ditolak, Terdakwa Pembunuhan Sekeluarga Ajukan Kasasi ke MA


Upaya banding Sumani (43) ke Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah (Jateng), hasilnya tak berubah. Pengadilan Tinggi tetap menguatkan putusan hakim Pengadilan Negeri Rembang yang memvonis Sumani dengan hukuman mati atas kasus pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang.

Setelah putusan tersebut, warga Dusun Pandak Desa Pragu, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang itu kini mengajukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung. Permohonan disampaikan melalui Kepala Lembaga Pemasyarakatan Pati dan sudah diterima oleh Kepaniteraan Pengadilan Negeri Rembang, tertanggal 8 Desember 2021.

Hakim sekaligus Humas Pengadilan Negeri Rembang, Eri Sutanto ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa putusan PN Rembang dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Jateng. “Artinya dikuatkan, tetap sama hukuman mati, “ kata Eri.

Berkas permohonan kasasi dari Sumani ke Mahkamah Agung sudah diterima Pengadilan Negeri Rembang. Soal kapan kasasi diputus, Eri menyampaikan tergantung Mahkamah Agung.“Mengenai lama tidaknya, tergantung dari Mahkamah Agung mas, “ katanya.

Dia mengatakan, posisi Sumani yang semula berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rembang, sudah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati.

“Kami tidak mengetahui alasan pasti pemindahan tersebut, karena kewenangan Rutan. Di Lapas Pati, yang jelas lebih besar kapasitasnya. Biasanya kalau menyangkut perkembangan kesehatan yang bersangkutan, pihak Lapas akan menyampaikan tembusan informasi, “ kata Eri.

Sebelumnya, Sumani divonis hukuman mati oleh hakim Pengadilan Negeri Rembang pada tanggal 06 Oktober 2021 lalu.

Dia terbukti secara sah dan meyakinkan sebagai pelaku tunggal pembunuhan seniman Ki Anom Subekti, istri, anak dan cucunya di Padepokan seni Ongko Joyo Desa Turusgede, Rembang pada Februari 2021. [Red]


Sumber: iNews