Demo di Taman, Mahasiswi Desak Dosen Terlibat Pelecehan Ditindak Tegas

Demo di Taman, Mahasiswi Desak Dosen Terlibat Pelecehan Ditindak Tegas

Mahasiswi yang tergabung dalam Korp Himpunan Mahasiswa Islam Wati (Kohati) menggelar aksi demo di Taman Riyadah, Lhokseumawe, Aceh.

Dalam aksinya mereka mendesak dosen yang terlibat pelecehan seksual ditindak tegas, Kamis (9/12/2021).

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Kohati Cabang Lhokseumawe-Aceh Utara Ainun Nabilah Rahmanita, melansir Antara.

"Kami mendesak rektor di setiap kampus d Aceh memberikan sanksi sebesar-besarnya kepada dosen yang terlibat dalam kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap mahasiswi," katanya.

Ia mengaku, pemerintah pusat maupun daerah harus fokus dalam melindungi hak-hak perempuan. Pasalnya, saat ini marak terjadinya kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan, khususnya mahasiswi.

"Aparat penegak hukum harus segera memproses semua kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan, di antaranya kasus menewaskan seorang mahasiswi bernama Novita," katanya.

Dalam kasus menewaskan mahasiswi Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan tersebut, Ainun meminta Kapolri menerapkan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

"Setiap perempuan berhak mendapatkan perlindungan hukum agar kekerasan dan pelecehan seksual yang marak terjadi di dalam kampus maupun dalam masyarakat umum tidak terjadi lagi," tukasnya. [Red]


Sumber: Suara