Jembatan Lumajang Ambruk karena Erupsi Semeru, Evakuasi Terkendala

Jembatan Lumajang Ambruk karena Erupsi Semeru, Evakuasi Terkendala



Salah satu jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, yakni Jembatan Gladak Perak putus, akibat terjangan material erupsi Semeru.

"Kendala saat ini akses ke Pronojiwo terputus karena Jembatan Gladak Perak tidak bisa dilewati," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Sabtu (4/12).

Putusnya jembatan tersebut membuat evakuasi warga di sejumlah desa di Kecamatan Pronojiwo terkendala. Mereka harus mengambil jalan memutar melalui wilayah Malang Selatan.

"Harus melewati Malang selatan," ucapnya.

Diketahui, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

"Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan lanas guguran," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Ia memaparkan, hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Selain itu Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman. Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang. 

BNPB menyatakan tidak ada korban jiwa karena erupsi Gunung Semeru tersebut. [Red]

Sumber: CNN Indonesia