Pelatih Vietnam Terciduk Intai Timnas Indonesia Pakai Software Canggih

Pelatih Vietnam Terciduk Intai Timnas Indonesia Pakai Software Canggih

Park Hang Seo selaku pelatih kepala Timnas Vietnam sangat awas dengan para rivalnya di Piala AFF 2020. Pelatih Korea Selatan itu sampai menggunakan peralatan berteknologi canggih untuk memata-matai negara-negara yang bertanding.

Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia sama-sama melakoni pertandingan Piala AFF pada Kamis (9/12). 'Harimau Malaya' menghadapi Laos, sedangkan skuad 'Garuda' melawan Kamboja.

Menurut laporan media Vietnam, Zingnews, Park bahkan rela mengganti sesi latihan pada pagi harinya demi memata-matai Indonesia. Jadi, Park membagi staf pelatih menjadi 2 kelompok untuk menonton 2 pertandingan itu.

Media Vietnam lainnya, Bongdaplus, melaporkan Park hadir bersama asistennya, Lee Young Jin, di Stadion Bishan, Singapura, saat Timnas Indonesia melawan Kamboja. Tidak cuma duduk dan berdiskusi, ia juga terpantau memakai alat canggih.

Dari foto yang diunggah Bongdaplus, staf kepelatihan Vietnam yang duduk di belakang Park, tampak mengamati laptop ketika laga tengah berlangsung. Laptop tersebut digunakan untuk merekam catatan teknis menggunakan perangkat lunak (software) canggih. Nantinya, data-data dimasukkan dan dianalisis.

Pelatih asal Korea Selatan itu ingin penilaian yang profesional berbekal data objektif tentang calon lawan-lawannya tersebut. Maka dari itu, Park menerapkan teknologi canggih.

Kemudian, ketika mereka kembali, staf pelatih akan membuat kesimpulan. Poin-poin dari para rival akan diringkas, dianalisis, dan dibandingkan. Selanjutnya, staf pelatih akan bertemu dengan para pemain untuk merencanakan taktik.

Indonesia akan bertemu Vietnam pada laga ketiga Grup B Piala AFF yang digelar pada 15 Desember mendatang. Sebelumnya, Evan Dimas dan kolega bakal melawan Laos pada Minggu (12/12). [Red]


Sumber: Kumparan