Program dan Inovasi Wali Kota Bandung Oded M Danial yang Dijalankan Semasa Hidupnya

Program dan Inovasi Wali Kota Bandung Oded M Danial yang Dijalankan Semasa Hidupnya


Kabar meninggalnya Oded M Danial mengagetkan semua pihak, teruma warga Bandung. Oded telah menjabat sebagai Wali Kota Bandung selama 3 tahun. Banyak program dan inovasi Wali Kota Bandung Oded M Danial yang telah dijalankan semasa menjabat.

Pria yang akrab disapa mang Oded ini, dikenal sebagai sosok yang sederhana dan merakyat. Sehingga warga Bandung dekat dengan Wali Kotanya itu.

Oded M Danial bersama Yana Mulyana membuat program dan inovasi demi terwujudnya visi Bandung Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis. 

Pemerintah Kota Bandung menghadirkan sumber daya manusia dan berkualitas dan berdaya saing.

Berikut sejumlah program dan inovasi Wali Kota Bandung Oded M Danial selama menjabat:

1. Pada bidang kesehatan

Sebesar 25 persen telah dialokasikan dari APBD. Anggaran sebesar Rp95 miliar dikucurkan demi membantu menangani covid-19.

2. Pada bidang pendidikan

Di bidang pendidikan, Pemkot Bandung telah memberikan bantuan kepada 56.376 siswa dan mahasiswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP). Total bantuan senilai Rp.126.353.160.000 untuk siswa SD, SMP, SMA/SMK.

3. Pada bidang sosial

Pemkot Bandung memberikan bantuan sosial meskipun pada saat itu sedang mengalami krisis keuangan. Pada tahun 2020 Pemkot Bandung menganggarkan Rp103 miliar untuk 275.862 keluarga penerima manfaat (KPM).

Sedangkan pada 2021 memberi bantuan selama PPKM Darurat, Pemkot Bandung menganggarkan Rp30 miliar untuk 59.694 KPM.

4. Pada bidang ekonomi

Pemkot Bandung telah memberikan intensif untuk pelaku UMKM. Pada Tahun 2020 mencairkan bantuan BPUM untuk 171.214 pelaku usaha. Sedangkan pada 2021 mencairkan bantuan BPUM untuk 301.135 pelaku usaha.

Demi tercapainya program dan inovasi Walikota Bandung Oded M Danial, bantuan juga diberikan dengan menyelenggarakan Pasar Kreatif yang diikuti oleh 212 pelaku usaha pada tahun 2020 dan 252 pelaku usaha pada tahun 2021.

5. Pada bidang Insfrastruktur

Wali Kota Bandung membangun dua flyover yaitu di Jalan Laswi-Pelajar Pejuang, dan Jalan Jakarta-Supratman di tahun 2021. Pembangunan itu untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di Ibu Kota Jawa Barat.

6. Pada bidang agama

Karena pribadinya yang agamis Oded bersama Yana meluncurkan program Tadarus ASN yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Bahkan pada September ini, Pemkot Bandung telah meluncurkan program Gesit (Gerakan Sertifikasi Rumah Ibadat).

Itulah tadi beberapa program dan inovasi Wali Kota Bandung Oded M Danial yang telah dijalankan semasa menjabat hingga akhir hayatnya. [Red]


Sumber: Suara