Sebabkan 4 Penumpang Tewas, Sopir Angkot Maut Jadi Tersangka

Sebabkan 4 Penumpang Tewas, Sopir Angkot Maut Jadi Tersangka



Penyidik Satuan Lalulintas Polrestabes Medan menetapkan HM (43), supir angkutan kota (angkot) trayek 123, yang ditabrak kereta api di perlintasan kereta api di Jalan Skip, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sabtu sore, 4 Desember 2021.

Dalam kecelakaan maut tersebut, menewaskan 4 orang penumpang dan 6 orang yang lain mengalami luka-luka. Kini, supir yang merupakan warga Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, sudah ditahan pihak kepolisian.

"Supir sudah tersangka," ucap Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Hadi Wahyudi kepada wartawan, Senin pagi, 6 Desember 2021.

Hadi mengungkapkan HM dijerat dengan pasal 311 ayat (5). Pasal ini, menjelaskan dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

"Pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00," kata Hadi.

Selain itu, HM juga dijerat dengan Pasal 310 ayat (4). Dalam pasal ini, dijelaskan dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

"Dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00," sebut Hadi.

Kronologi kejadiannya, angkot dikemudikan HM melaju dari Jalan Skip menuju Jalan Gereja. Dalam video yang viral yang beredar di media sosial. Terlihat angkot tersebut, melaju dengan kencang dengan memotong jalur kanan atau berlawanan arah saat kereta akan melintas.

Meski palang pintu kereta api sudah menutup jalan di perlintasan. Angkot yang membawa sekitar 8 orang itu, tetap menerobos palang pintu. Berlangsung cepat kereta api dari Binjai menuju Stasiun Besar Kereta Api menabrak angkot tersebut.

Dengan dentuman kuat, suara kereta api menabrak angkot itu. Kemudian, para penumpang langsung terlempar keluar angkot dengan kondisi luka parah dan dilaporkan 4 penumpang meninggal di tempat. Sisanya, mengalami luka-luka.

Seluruh korban meninggal dan luka-luka dievakuasi ke Rumah Sakit Royal Prima, yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Dalam kecelakaan maut itu, supir HM berhasil menyelamatkan diri dari tabrakan maut itu.

HM pun langsung diamankan warga sekitar. Dia menjadi bulan-bulanan masyarakat, yang geram melihat cara ia mengemudikan angkotnya dengan cara ugal-ugalan.

Meski sudah diamankan petugas, HM terus dihakimi massa. Petugas kepolisian yang membawa dia ke kantor polisi sempat kewalahan. Karena, ratusan orang berkumpul di lokasi kejadian terus memukuli sang supir tersebut.

Dengan gerak cepat petugas kepolisian, HM langsung dibawa menggunakan mobil patroli polisi ke Mako Polsek Medan Barat untuk menjalani pemeriksaan atas kasus tabrakan maut yang menewaskan 4 orang tersebut.

Berikut nama-nama korban: 

-Luka-luka : 

1. Lindawaty Josefina Sihotang.

2.Novita Elisabeth Aruan.

3.Putri Sefyaswan.

4.Bayu Sulaiman.

5.Eni Sureni Br. Tarigan.

6. Farida Ratnawati.

 

-Korban Meninggal Dunia: 

1.Asma Nur.

2.Batara Arengga Nasution.

3.Faida Naila Harahap.

4. Mr. X. [Red]


Sumber: Viva