Wisata Ancol Terendam Banjir Rob hingga 20 Cm, Dinding Pembatas Jatuh

Wisata Ancol Terendam Banjir Rob hingga 20 Cm, Dinding Pembatas Jatuh



Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, tergenang banjir rob dengan ketinggian 15 hingga 20 sentimeter pada Selasa (7/12).

"Jadi memang tadi sempat ada kejadian ada air limpasan laut, karena robnya hari ini ternyata cukup tinggi sampai masuk ke areal pedestrian dan jalan di wisata Ancol," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho, saat dihubungi, Selasa (7/12).

Ia mengatakan peristiwa itu terjadi pukul 10.55 WIB. Saat itu, kawasan wisata belum banyak didatangi pengunjung. Pada pukul 12.00 WIB, lanjutnya, air sudah bisa tertangani.

"Titiknya hanya di areal pantai indah. Sekitar 15-20 Cm kalau yang jatuh ke areal pedestrian dan jalan," katanya.

Ia mengatakan peristiwa itu terjadi bukan karena tanggul jebol, namun karena dinding pembatas antara daratan dan laut yang jatuh karena desakan air yang kuat.

"Itu sebetulnya bukan tanggul, itu ada dinding pembatas, itu memang ada insiden jadi dindingnya kena desakan air yang cukup kuat. Jadi dia jatuh. namun hal ini sudah kami tanggulangi dan sudah normal kembali," ungkap Eko.

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan banjir rob di area itu mestinya bisa ditangani dengan pembangunan tanggul di Jakarta Utara. Namun, itu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

"Upayanya tidak lain adalah pembangunan tanggul. sekarang ini sedang dikerjakan pembuatan tanggul yang menjadi kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI melalui Dinas SDA. Terus dikerjakan dan ini memang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (6/12). [Red]


Sumber: CNN Indonesia