Beda dengan Vietnam, Media Malaysia Justru Setuju Indonesia Tim Fair Play Piala AFF 2020

Beda dengan Vietnam, Media Malaysia Justru Setuju Indonesia Tim Fair Play Piala AFF 2020


Media Vietnam Zingnews tak ikhlas penghargaan tim fair play Piala AFF 2020 jatuh ke tangan Timnas Indonesia. Tapi Media Malaysia Semuanya bola justru mendukung Garuda. 

Indonesia harus puas jadi runner-up Piala AFF 2020. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dilibas Thailand di partai final dengan agregat 2-6.

Meski demikian tim asuhan Shin Tae-yong itu dapat hadiah hiburan. Indonesia terpilih sebagai tim paling fair play selama Piala AFF 2020 berlangsung.

Kemudian bek kiri Garuda Pratama Arhan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Zingnews geram melihat Indonesia terpilih sebagai tim paling sportif.

“Tidak ada yang perlu dipermasalahkan soal posisi runner-up Indonesia. Tetapi fakta mereka menerima penghargaan Fair Play membingungkan, terutama ketika melihat statistik koleksi kartu, jumlah kekasaran, dan gaya permainan tim ini," tulis Zingnews.

“Data Piala AFF menunjukkan Indonesia telah memainkan delapan pertandingan dan memiliki 13 kartu kuning, 0 kartu merah. Mereka tertinggal dari Thailand dengan 17 kartu kuning. Pasukan Shi Tae-yong melakukan 143 pelanggaran, sementara Thailand melakukan 117 pelanggaran," lanjut mereka.

Namun Semuanyabola tak setuju dengan pendapat Zingnews. Sebab penentuan tim fair play tidak cukup hanya sekadar dilihat dari jumlah kartu dan pelanggaran.

"Tim yang berhak menerima penghargaan AFF Cup Fair Play ditentukan oleh Komite Disiplin AFF. Kriteria pemenang akan dinilai berdasarkan FIFA Fair Play Code 10. Berdasarkan panduan ini, penilaian tidak dilakukan semata-mata berdasarkan jumlah kartu yang dikumpulkan serta jumlah kekasaran yang dilakukan," tulis Semuanyabola dikutip, Senin (3/1/2022).

"Namun dinilai berdasarkan semangat olahraga yaitu bermain untuk kemenangan tetapi juga menerima kekalahan, menghormati rekan satu tim, wasit, ofisial dan penonton, mempromosikan dan menjaga reputasi sepakbola yang bersih," lanjut mereka.

Selain itu Media Malaysia juga melihat anak-anak muda Indonesia punya semangat juang yang tinggi. Hal tersebut yang membuat mereka sepakat dengan keputusan AFF menunjuk Indonesia tim paling fair play di Piala AFF 2020.

"Berdasarkan performa Indonesia di turnamen ini, tentu tidak salah memberikan penghargaan ini kepada mereka yang memiliki semangat juang tinggi," bunyi berita Semuanyabola.

"Bahkan, mereka juga berhasil menampilkan pemain muda berbakat seperti Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan dan masih banyak lagi." [Red]


Sumber: iNews