BMKG Catat Terjadi Gempa Bumi Pertama Pada Tahun 2022

BMKG Catat Terjadi Gempa Bumi Pertama Pada Tahun 2022



Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung mencatat telah terjadi gempa bumi pertama di Provinsi Lampung pada tahun 2022, Sabtu (1/1/2021).

Gempa bumi pertama di Provinsi Lampung tercatat terjadi sekitar 1 jam selepas malam pergantian tahun di perairan Kabupaten Tanggamus, Lampung dengan kekuatan 2.9 Magnitudo sekitar pukul 01.45 WIB dini hari.

Berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan langsung oleh BMKG Lampung, lokasi gempa berpusat pada titik koordinat 6.48 LS dan 104.48 BT, atau tepatnya berlokasi di tengah laut dengan jarak 113 km Barat Daya, Tanggamus.

Dengan memperhatikan kedalaman hiposenternya, pusat gempa tersebut memiliki kedalaman 10 km. Sehingga gempa bumi yang terjadi di wilayah Tanggamus, Lampung pada dini hari ini tergolong kedalam gempa bumi dangkal.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat dampak dari gempa bumi tersebut. Masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar titik lokasi terjadinya gempa diimbau untuk tetap tenang dan waspada. [Red]


Sumber: Kumparan