4 Ilmuwan Ini Berkontribusi Hadirnya Komputer, Siapa Saja?

4 Ilmuwan Ini Berkontribusi Hadirnya Komputer, Siapa Saja?


Di era teknologi dan informasi sekarang ini, masyarakat dunia telah dimanjakan dengan berbagai teknologi modern. Salah satu teknologi yang menemani aktivitas banyak orang, baik pelajar maupun pekerja, adalah komputer.

Di balik terciptanya sebuah komputer, terdapat beberapa tokoh yang terlibat dalam penemuan hingga perancangannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ilmuwan yang berkontribusi dalam penemuan komputer.

1. Charles Babbage

Charles Babbage adalah sosok yang berkontribusi atas kehadiran komputer. Babbage menemukan mesin penghitung (Difference Engine no.1). Tepatnya pada tahun 1822, Babbage menciptakan suatu mesin yang bisa menjalankan operasi perhitungan aritmetika.

Metode tersebut menjadi dasar dari pengembangan komputer yang kita kenal hingga saat ini. Atas penemuannya tersebut, pria kelahiran 26 Desember 1791 ini dijuluki sebagai "Bapak Komputer".

2. Alan Turing

Pria asal Inggris ini dikenal sebagai ahli matematika, kriptanalis, dan ahli komputer. Dalam dunia komputer, Turing memegang peranan penting dalam mengembangkan komputer generasi pertama dan konsep awal tentang kecerdasan buatan.

Turing memperkuat konsep algoritma yang dipakai dalam mekanisme penghitungan di dalam sistem komputer hingga saat ini. Dalam Artificial Intelligence (AI), ia menciptakan satu set hukum bernama "Turing Test".

Hukum tersebut menjadi acuan bagi yang akan mengadaptasi teknologi AI guna mengukur teknologi yang dibuat apakah benar-benar "cerdas" atau tidak.

3. Konrad Zuse

Konrad Zuse merupakan seorang teknisi sipil dan perintis komputer. Pada 1936, pria kelahiran Berlin ini menciptakan Z1, sebuah komputer dengan biner digital yang menggunakan pita berlubang.

Z1 merupakan salah satu cikal bakal komputer modern ciptaan Zuse. Zuse berhasil membuat komputer Z1 hingga versi lain bernama Z3.

4. Henry Edward Roberts

Henry Edward Roberts lahir di Florida pada tahun 1941. Roberts merupakan salah satu pelopor awal dalam dunia komputasi pribadi. Ia membuat komputer pribadi Attair 8800. Tak sampai di situ, ia merancang dan menciptakan mikro komputer rumahan pertama yang tersedia secara luas pada tahun 1974. Dalam pemogramannya, ia hanya menggunakan satu set saklar tanpa keyboard ataupun layar. [Red]


Sumber: Okezone