Dinding Ngarai Runtuh, Menimpa Perahu Wisata Tewaskan 7 Orang

Dinding Ngarai Runtuh, Menimpa Perahu Wisata Tewaskan 7 Orang

Dinding ngarai runtuh menimpa perahu wisata tewaskan 7 orang di Brasil. Foto/Independent

Mancanegara
- Sedikitnya tujuh orang tewas dan tiga lainnya hilang setelah lempengan batu besar jatuh dari tebing dan menimpa perahu wisata di sebuah danau di Brasil.

Selain itu 32 orang lain juga terluka, sembilan di antaranya serius, setelah dinding ngarai jatuh ke air dan ke perahu motor di danau Furnas di Capitolio, negara bagian Minas Gerais, pada hari Sabtu kemarin.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan sekelompok perahu kecil di dekat tebing ketika batu itu jatuh ke air, menimpa dua kapal. Para saksi mata terdengar berteriak ketika perahu lain yang dekat dengan tempat kejadian melesat untuk melarikan diri.

Komandan Departemen Pemadam Kebakaran Minas Gerais, Edgard Estevo mengatakan, para penyelam sedang mencari hingga 20 orang yang hilang setelah bencana itu terjadi, tetapi beberapa dari mereka yang dikhawatirkan hilang ditemukan melalui telepon.

"Dua perahu terkena batu dan 24 orang berhasil diselamatkan hidup-hidup," kata juru bicara pemadam kebakaran Pedro Aihara seperti dilansir dari Independent, Minggu (9/1/2022).

Sejauh ini tujuh jenazah telah ditemukan.

Pihak berwenang mengatakan orang-orang yang terluka dalam kecelakaan itu mengalami patah tulang dan satu dalam kondisi serius di rumah sakit dengan cedera kepala dan wajah. Sekitar 23 lainnya dirawat karena luka ringan.

Danau Furnas, yang dikenal sebagai 'laut Minas', adalah objek wisata populer di daerah sekitar 260 mil sebelah utara Sao Paulo.

Hujan deras telah turun di Minas Gerais selama dua minggu terakhir, yang diyakini pejabat negara mungkin telah melonggarkan batu itu.

Sebuah video yang diposting oleh Conexao GeoClima, sebuah organisasi penelitian ilmiah Brasil, menunjukkan turis berjemur di bawah air terjun sebelum tebing tersebut runtuh.

Dikatakan dalam tweet: “Beberapa menit sebelum kecelakaan dengan tebing jatuh di Capitolio, Minas Gerais, ketinggian air tercatat di air terjun Furnas Canyon. Perhatikan volume tiba-tiba di air terjun.”

Estevo mengatakan kecelakaan itu terjadi antara kota Sao Jose da Barra dan Capitolio, dari mana kapal telah diluncurkan sebelumnya hari itu.

Gubernur Minas Gerais, Romeu Zema, dilaporkan telah mengirimkan pesan solidaritas kepada para korban di media sosial.

Angkatan Laut Brasil telah mengkonfirmasi akan menyelidiki penyebab kecelakaan itu.


Sumber: Sindonews