Kerusuhan Peziarah 12 Orang Tewas

Kerusuhan Peziarah 12 Orang Tewas



Serbuan puluhan ribu peziarah kuil suci Hindu di India untuk melakukan ibadah Tahun Baru berakhir dengan kerusuhan. Akibatnya, 12 peziarah tewas dan 13 lainnya luka-luka.

Dikutip dari AFP, insiden tersebut terjadi di Kuil Mata Vaishno Devi, Kashmir, India, pada Sabtu (1/1/2022) pukul 02.45 dini hari. Kuil ini merupakan salah satu yang tersuci di wilayah utara India.

Sebelum pandemi, kuil ini biasanya dikunjungi oleh 100.000 peziarah setiap harinya. Namun setelah pandemi, batas maksimal pengunjung jadi 25.000. Pada malam kejadian ini, jumlah peziarah yang tiba melampaui 25.000 orang.

“12 orang tewas, 13 luka-luka dalam kerusuhan di Mata Vaishno Devi Bhawan di Katra. Insiden ini terjadi sekitar pukul 02.45 dini hari dan menurut laporan awal, terjadi perdebatan [antara peziarah] yang menyebabkan mereka saling mendorong satu sama lain, kemudian disusul dengan kerusuhan,” ujar seorang pejabat pemerintahan setempat, dilaporkan oleh kantor berita ANI, dikutip dari India Today.

Belum diketahui apa penyebab dari kematian para peziarah di tengah kerusuhan kerumunan ini.

“Jumlah korban jiwa bisa lebih tinggi lagi, melihat rute ke kuil atas bukit ini penuh sesak dengan peziarah yang hendak melakukan ziarah dan ibadah Tahun Baru,” lanjutnya.


Pemerintah akan segera melakukan penyelidikan atas insiden penyerbuan yang terjadi di kuil ini.

“Saya sungguh berduka atas meninggalnya para peziarah. Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga korban luka-luka dapat segera pulih,” ujar Perdana Menteri Narendra Modi lewat akun Twitter miliknya.

Sejumlah laporan menyatakan, selain jumlah peziarah yang membeludak, perdebatan dan pertikaian sempat terjadi di lokasi.

Petugas evakuasi langsung melarikan korban luka-luka, termasuk yang mengalami luka serius, ke rumah sakit. [Red]


Sumber: Kumparan