Profil Shalika, Pemain Wanita Indonesia Pertama yang Tembus Eropa

Profil Shalika, Pemain Wanita Indonesia Pertama yang Tembus Eropa


Shalika Aurelia Viandrisa menjadi pesepakbola wanita pertama dari Indonesia yang berkarier di Eropa.

Kepastian itu didapat setelah Shalika resmi menandatangani kontrak dengan klub Serie B Liga Italia Wanita, Roma Calcio Femminile (CF).

Hal itu terungkap dari unggahan Shalika di akun Instagramnya @shalika.aurelia pada Sabtu (8/1) sore WIB.

Dalam unggahan tersebut bek Timnas Wanita Indonesia itu mengaku senang bisa memulai karier profesional di kasta kedua Liga Wanita Italia.

"Langkah pertama di Eropa. Bangga untuk mulai bermain di klub ini di Serie B Italia," tulis Shalika dalam unggahannya di Instagram.

Shalika yang lahir di Jakarta, 1 Agustus 2003 itu memulai perjalanan karier sepakbola dari masa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan antar sekolah.

Shalika yang saat itu SMP bersekolah di Al-Jabr Jakarta Selatan itu pernah mengikuti turnamen Piala Coca Cola and Greenfields dari U-12 hingga U-14.

Setelah itu, Shalika sempat berhenti bermain sepak bola karena mencoba untuk menekuni golf.

Namun, kecintaannya terhadap sepakbola membuatnya kembali fokus ke dunia si kulit bundar.

Shalika kemudian memperdalam ilmu olah si kulit bundar di Sekolah Sepak Bola (SSB) Astam dan Pro Direct Academy Indonesia pada 2017.

Shalika juga pernah membela Timnas Wanita Indonesia U-16 pada 2017-2019 dan Tim PON DKI Jakarta.

Dia juga pernah menjalani trial di klub Liga Inggris West Ham United Women 2019 dan klub Jerman Bayern Munchen Women pada 2021.

Kini, pemain berusia 18 itu pun tengah tergabung bersama Timnas Wanita Indonesia untuk persiapan menuju Piala Asia Wanita 2022 yang dimulai pada 20 Januari di India. [Red]


Sumber: CNN Indonesia